Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Jawa. Lebih dari sekadar pertunjukan, wayang kulit dahulu digunakan sebagai media untuk permenungan menuju roh spiritual para dewa. Konon, “wayang” berasal dari kata “ma Hyang”, yang berarti menuju spiritualitas sang kuasa. Tapi, ada juga masyarakat yang mengatakan “wayang” berasal dari tehnik pertunjukan yang mengandalkan bayangan (bayang/wayang) di layar.

Wayang kulit diyakini sebagai embrio dari berbagai jenis wayang yang ada saat ini. Wayang jenis ini terbuat dari lembaran kulit kerbau yang telah dikeringkan. Agar gerak wayang menjadi dinamis, pada bagian siku-siku tubuhnya disambung menggunakan sekrup yang terbuat dari tanduk kerbau.

 

 

Wayang kulit dimainkan langsung oleh narator yang disebut dalang. Dalang tidak dapat diperankan oleh sembarang orang. Selain harus lihai memainkan wayang, sang dalang juga harus mengetahui berbagai cerita epos pewayangan seperti Mahabrata dan Ramayana. Dalang dahulu dinilai sebagai profesi yang luhur, karena orang yang menjadi dalang biasanya adalah orang yang terpandang, berilmu, dan berbudi pekerti yang santun.

Sambil memainkan wayang, sang dalang diiringi musik yang bersumber dari alat musik gamelan. Di sela-sela suara gamelan, dilantunkan syair-syair berbahasa Jawa yang dinyanyikan oleh para pesinden yang umumnya adalah perempuan. Sebagai kesenian tradisi yang bernilai magis, sesaji atau sesajen menjadi unsur yang wajib dalam setiap pertunjukan wayang.

Di Desa Wisata Wonorejo wayangan atau wayang kulit merupakan merupakan sebuah pagelaran rutinan pada hari-hari tertentu. Wayang merupakan daya tarik wisata bagi pengunjung karena wayang merupakan kearipan lokal khususnya di Jawa. 

Dipost Oleh Super Administrator

Hai... Ini adalah website resmi dari pengurus Desa Wisata Wonorejo. Bagi sodara mau bertanya tentang destinasi langsung bisa menghubungi nomer yang tertera melalui WhatsUp, SMS, dan Telephone. Juga bisa menggunakan kolom komentar dibawah. Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar


Pencarian

Terbaru

Camping Ves Soloraya Di Tubulasi

Berkemah atau camping adalah kegiatan yang dilakukan di alam bebas dengan menginap di dalam tenda.

  • 05 Juni 2018
Paket Wisata WONOREJO

Bila anda selalu disibukkan dengan kegiatan kantor yang padat, tidak ada salahnya jika anda

  • 05 Juni 2018
Wayang Kulit

Wayang kulit merupakan salah satu kesenian tradisi yang tumbuh dan berkembang di masyarakat Jawa.

  • 05 Juni 2018
Penginapan

Penginapan atau akomodasi saat berpergian atau liburan adalah jenis tempat tinggal

  • 05 Juni 2018